Prakerin (overview)

Tuesday, June 7, 2011


Timeline twitter malem ini heboh sama para adek kelas gw (kelas XI) yang ngomongin prakerin. Yap, tadi siang pihak sekolah baru ngumumin penempatan prakerin mereka yang bakal dimulai tanggal 20 Juni nanti selama tiga bulan. Wah, jadi inget setahun yang lalu gimana excitednya gw pengen tau di mana gw bakal ditempatin, hehe. Jadi inget juga waktu itu info lokasi prakerin sempet “bocor” sebelum waktunya ke murid-murid  dan akhirnya disusun/diacak ulang!! Grrrrrrrrrr. Tapi ternyata hal itulah yang bikin gw jadi ditempatin di Arnet Slipi, tadinya kan di Arnet Semanggi :p

Well, let me share an overview about internship. I know it’s kinda small part, but I hope it will help much.

Bicara prakerin....
Hmm, menurut gw, prakerin itu bukan cuma tiga-bulan-belajar-di-kantor, tapi juga tiga-bulan-masa-pendewasaan-pikiran-dan-perbuatan, hehe. Yah, prakerin emang bener-bener jadi masa pendewasaan buat gw, buat kita semua terutama yang masih pelajar. Melalui prakerin, kita jadi dapet banyak ilmu dan punya kesempatan lebih banyak untuk mengaplikasikan ilmu (praktik) yang mungkin nggak bisa kita dapetin di sekolah. Juga melalui prakerin, kita terlatih untuk disiplin dalam segala hal (pakaian, jam masuk/pulang kantor, ATTITUDE, dll) dan bertanggung jawab terhadap tugas/amanah yang dipercayakan oleh orang lain. Kagum banget ngeliat bapak-bapak di sana sampe lembur saat ngerjain instalasi atau perbaikan. Saat prakerin juga, gw jadi ngerasain dan sadar betapa berat perjuangan orang tua kita yang membanting tulang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Nggak lagi deh nuntut minta ini-itu ke ortu begitu sadar bahwa nyari uang tuh susah. Buat yang udah dan bakal ngerasain prakerin, pasti punya kesimpulan tersendiri :]

Kapan lagi anak berseragam sekolah bisa seruangan bareng para pegawai yang berpakaian formal?

Kapan lagi kita bisa “latihan” instalasi/maintenance/perbaikan yang bener-bener menguras tenaga?
#seneng deh denger cerita dari beberapa temen seangkatan gw yang pernah ditugaskan oleh pihak kantornya ke luar Jakarta; Bogor, Lampung, Makassar, dan bahkan Lombok *ada yang cuma untuk instalasi!*. Menjelang lebaran, ada juga temen gw yang pointing SNG di Merak untuk keperluan liputan mudik. :)

Kapan lagi kita bisa ngeliat dan bahkan memakai alat-alat mahal yang belum tentu kita temui di tempat prakerin teman kita?
#FYI, di tempat prakerin saya ada banyak modul yang harga satuannya bisa mencapai DUA MILYAR dan saya pernah pake OTDR yang harganya 500 juta! OTDRnya aja dibawa kemana-mana pake koper :p

Kapan lagi seharian kita bisa nanya sepuasnya ke orang-orang yang berkompeten di bidangnya tentang ilmu yang belum kita kuasai?

Kapan lagi di malam hari kita nggak punya pikiran “besok ada ulangan apa?”?

Kapan lagi bisa ngerasain online gratis sepuasnya sampe kita pun jadi bosen?

Cuma saat prakerin! :D

Well, sama seperti semua hal di dunia ini yang selalu mempunyai dua sisi, prakerin pastilah punya sisi menyenangkan dan menjenuhkan. Menyenangkan jika kita bisa memanfaatkan tiga bulan itu sebaik-baiknya, dan menjadi sangat menjenuhkan jika kita menyia-nyiakannya. It depends on how we see the chance!

So, manfaatkan dengan baik kesempatan ini! Bersyukurlah meski kita ditempatin *mungkin* di tempat yang nggak kita inginkan, Allah lebih tau mana yang terbaik buat kita. Substansi terpenting dari prakerin adalah ILMU dan PENGALAMAN YANG DIDAPAT. Jadikan prakerin ini sebagai “unforgettable 3 months” yang nantinya bikin kita selalu punya bahan cerita dan jadi kangen pengen prakerin lagi. Have a nice internship ya! Be good and take care! ;)

0 comments:

Post a Comment