Masih Ada

Wednesday, March 5, 2014

"Segala kebaikan yang kau beri kelak kembali padamu, bahkan dalam bentuk yang tak pernah kau sangka"
(Annisa Sekar Kasih, 2014)


Saya percaya masih banyak orang baik di dunia ini. Meskipun saya belum tau berapa jumlah pastinya, tapi saya berani jamin mereka ada. Sayangnya, kontras cerah cahaya mereka kalah oleh semarak berita perampokan uang ATM, pembunuhan selingkuhan pasangan, pencitraan calon presiden, penipuan SK PNS, pemerkosaan siswa SD, korupsi elite negeri, dinasti politik, video porno siswa SMA, ijazah palsu calon walikota, dan lain-lain kasus apalah namanya. Sering saya mendengar pesimisme, "Jaman sekarang susah cari orang baik". Ah iya, mungkin saja. Itu karena sudah terlalu banyak yang menggunakan modus kebaikan untuk melakukan kejahatan. Alhasil, yang benar-benar baik justru dicurigai dan yang pura-pura baik justru diayomi.

Sudah banyak kisah orang baik yang membuat kita terinspirasi. Orang yang rutin menyapukan jalanan depan rumah sekaligus depan rumah tetangga, akhirnya sering sekali diberi oleh-oleh setiap sang tetangga habis bepergian. Loper koran yang rajin dan JUJUR akhirnya memenangkan kuis hadiah 1 milyar. Mendo'akan orang lain yang bersin ketika di angkutan umum, akhirnya berjodoh. Petugas sapu sekolah menemukan arloji super mahal yang hilang sudah seminggu milik salah seorang guru lalu mengembalikannya (sebetulnya bisa saja dia menjualnya, anggap anaknya sedang butuh biaya sekolah), ternyata diberi imbalan melebihi perkiraan dan harapan. Memberi kursi duduk kepada wanita lansia di antara padatnya penumpang bus kota ternyata berbuah beasiswa (wanita lansia tersebut merupakan ibu dari salah seorang interviewer beasiswa). Banyak sekali, sampai-sampai satu kisah pun bisa kita dengar berkali-kali.

Maka, yakinlah masih ada orang-orang baik di dunia. Namanya memang nggak bermunculan di media, tapi satu tindakan sederhananya bisa menjadi bahan cerita puluhan pembicara dan akhirnya tersebar kemana-mana. Tak jarang, hati manusia-manusia yang sebelumnya arogan pun luluh lantak dibuatnya.

Kalau kau belum menemukan mereka, jadilah "satu" dari mereka.


Salah satu video inspiring tentang menolong yang
membuat saya berdecak kagum :)



0 comments:

Post a Comment