TKMS Semester 5

Tuesday, December 7, 2010

TKMS (Tes Kendali Mutu Sekolah) a.k.a semesteran di sekolah gw baru aja selesai hari sabtu kemaren. Niatnya sih “cerita” selama TKMS mau gw jadiin ide buat postingan kali ini, hehe...
Yang namanya semesteran pasti identik dengan belajar ekstra keras, kisi-kisi, stres ngapalin rumus atau bacaan, cerita tentang pengawas, contek mencontek, kegalauan dalam belajar *apa deh*, and many more. Here the story about them! :D

Hari pertama (Senin, 29 November 2010)
English
Hari pertama TKMS diawali dengan.... pelajaran bahasa asing! Materinya lumayan banyak sih kalo dibandingin sama semester-semester kemaren, malahan kali ini cuma dapet kisi-kisi pertanyaan yang essay dari gurunya -_______- Ternyata gurunya banyak ngambil soal-soal PG dari buku paket! Hmm, sayang aja nih ya gw nggak terlalu baca-baca soal latihan yang di buku paket. Tapi pasti bisa kok kalo emang ngerti konsep dasar pelajarannya :) Alhamdulillah nilainya “lumayan”, hari Jumat kemaren udah dibagiin hasilnya.

Agama (sesuai dengan keyakinan masing-masing)
Menurut gw, ini nih pelajaran yang paling “menentramkan”, apalagi diujikan di hari pertama! :p Kebetulan salah satu bab yang dipelajari di semester ini tentang hari kiamat, jadinya enak juga sambil belajar sekalian introspeksi diri atas dosa-dosa yang pernah gw lakukan. Pelajaran agama Islam juga nggak dikasih kisi-kisi nih sama gurunya, materinya ada 4 bab lho -,- Alhamdulillah ternyata pertanyaan essaynya nggak sesusah yang gw kira, hehe :p Hasilnya juga udah dibagiin kok hari Jumat kemarin. Alhamdulillah ;)
Oh iya, ada yang beda nih dari para pengawas di masing-masing ruangan pas lagi jadwal ujian agama. Menurut cerita dari beberapa temen gw, masa ada beberapa pengawas yang ngomong, “Awas dosa lho kalo nyontek... ini pelajaran agama”. Lho, emang kalo nyontek pas pelajaran selain agama tuh nggak dosa yaa? Hadeeeeh.... –“

PKN
Meskipun selama semester ini cuma belajar dua bab dengan pertemuan yang amat singkat, tapi ternyata materinya banyaaaaaaak banget yang mesti dipelajari! Yaaaa, tau sendiri kan pelajaran kewarganegaraan kan banyak hafalannya! Belum lagi ditambah mesti ngapalin beberapa pasal pula! Wekekekek :p

Hari kedua (Selasa, 30 November 2010)
Matematika
Wah, ini dia nih yang bikin gw sampe nangis gara-gara belajar integral! Hard to believe, right? :p Ampun daaaaah, malem sebelumnya itu gw bener-bener frustasi belajar integral plus jadi rada “anti” sama lambangnya yang berbentuk cacing, hahaha. Parah dah paraaaah. Matematika semester 5 bener-bener bikin jungkir balik! Beberapa soal PG gw kerjain secara merem *maksudnyaaaa asal pilih jawaban aja gitu, secara gw nggak tau cara penyelesaiannya*, trus soal essay pun nggak ada yang gw kerjain sampe selesai 100% *ada deng yang soal statistik, tapi gw rada lupa rumusnya dan nggak yakin sama akurasi hitungan gw, jadi nggak tau jawabannya bener atau enggak*. Pokoknya ini bener-bener MTK paling suram! Grrrrrrr....... -__________-

Kewirausahaan
Karena dari hari sebelumnya gw udah nggak tenang mikirin MTK, akhirnya belajar wirus pun jadi terabaikan. Halah. Kisi-kisi nggak dikasih... malahan soal essaynya text book banget pulaaaaa -______- Akhirnya gw mengarang bebas aja tuh pas bagian essay, haha :p
Lagian juga kan terkadang bahasa “praktek” nggak sama dengan bahasa “teori”. Apa harus bener-bener ngikutin yang ada di buku? Selama jawabannya masih sama artinya (atau minimal hampir mirip deh), kayanya guru juga harus memaklumi deh kalo muridnya ngisi dengan kata-kata sendiri....

KKPI
Banyak beredar kisi-kisi essay, tapi nggak ada yang PG. Yaaaah, lumayan juga sih buat memperbesar nilai. Anyway, gw rada nggak tau mesti nyeritain tentang apa, karena pas ngerjain juga nggak ada hal-hal yang istimewa. Entah dari pengawasnya, ataupun dari soal-soal ujiannya . -___________-
*move to another day yuuuuuk

Hari Ketiga (Rabu, 1 Desember 2010)
Kimia
Well well well, sebelum mulai prakerin kan sempet belajar efektif dua minggu. Cuma ada dua kali pertemuan pelajaran kimia lho! Yang diajarin juga cuma materi Hidrokarbon yang materinya dikasih di kertas fotokopian sama gurunya. Tapi ternyataaaaaa..... di kisi-kisinya tuh ada materi tentang minyak bumi, koloid, sama tentang polimer. Hmmm. Anyway, pas belajar tentang cara pengelolaan air (bab Koloid), gw jadi mupeng nih untuk masuk kuliah jurusan Teknik Lingkungan, hehe :p

B. Indonesia
Catetan udah lengkap... Kisi-kisi juga udah dikasih... Tapi, belajarnya yang belum!! :p Hari Selasanya tuh gw fokus buat belajar Kimia, kan materinya banyak yang mesti dipelajari otodidak. Udah malah tiap hari Selasa (malemnya) kan jadwalnya gw les English. Jadilah gw sebatas buka buku B.Indo pas Efa nelepon gw menjelang Maghrib, ngebahas kisi-kisi. Kalo Efa nggak nanya ke gw mungkin gw juga baru buka buku pas hari H, ckck....
Ternyata soal essay yang nomor dua disuruh bikin karangan argumentasi bahwa bencana banjir di Wasior (Oktober 2010) itu pure akibat ulah manusia. Hmmmmm.
*gw kurang jago kalo disuruh bikin argumentasi, hehe :p

Penjasor
Nah, ini nih yang paling bikin geregetan!! Kata gurunya sih materi TKMS diambil dari soal-soal PG yang ada di LKS, tapi kan teteeeeeup aja yang namanya pelajaran penjasor mah nggak pernah ngebahas LKS. Biasanya kita langsung aja praktik di GOR buat pengambilan nilai kebugaran jasmani. LKS dijadiin tugas selama kita prakerin tiga bulan, harus SELESAI pula. Zzzzzzzz. Karena terlalu banyak yang harus dipelajari (SATU LKS DALAM SATU MALAM), so I decided not to study at all :p Seinget gw sih gw sempet baca-baca bab 1 sama 2, tapi itu juga nggak bertahan lama (mungkin di bawah 30 menit dan langsung beralih belajar Kimia) karena begitu baca bab 2 gw langsung sadar kalo gw lupa apa yang tadi gw baca di bab 1. Hehe.
*maklum karena nggak fokus dan nggak tertarik juga kali ya.... :p

Hari Ke-empat (Sabtu, 4 Desember 2010)
Mungkin pada nanyain, “Hari Kamis dan Jumat kok nggak TKMS?”.
Jadi, di sekolah gw kan kalo semesteran tuh selalu lebih awal dibandingkan di sekolah lain, udah gitu semesterannya dua kali pula! Minggu pertama tuh kita ngerjain soal-soal TKMS yang dibuat sama guru-guru kita sendiri di sekolah, makanya suka dapet kisi-kisi. Terus nanti minggu ke-dua (atau beberapa hari setelah selesai TKMS pertama) ada lagi TKM (Tes Kendali Mutu) yang soal-soalnya dari Diknas. Sama dan serentak kaya di sekolah lain. Nah, hari Kamis dan Jumat *yang semestinya jadi jadwal kelas XII untuk menikmati hari terakhir TKMS* ada jadwal TKM Diknas untuk kelas X dan XI nya, jadinya kita yang kelas XII deh yang TKMSnya diundur ke hari Sabtu. Secara gitu ruangannya nggak cukup kalo kelas X, XI, dan XII ujian berbarengan dalam satu hari, hehehe.

Fisika
Ada hikmahnya juga kok dari pengunduran jadwal TKMS hari Kamis jadi hari Sabtu, kita jadi bisa mempersiapkan lebih matang materi yang akan diujikan :). Hari Kamis dan Jumat gw sempetin untuk dateng ke sekolah, belajar Fisika sama temen-temen gw. Hmmm.  Ada kisi-kisi yang beredar di antara temen-temen gw yang beda jurusan *karena gurunya beda juga kali ya*, jadinya gw fotocopy dan gw kerjain bareng temen-temen biar bisa fokus latihan soal-soal. Dan ternyataaaaaa, soal-soal TKMS yang diujikan 100% SAMA dengan kisi-kisi yang beredar. Alhamdulillah. :)

Teori Kompetensi
Di sekolah gw kan ada empat jurusan (Transmisi, Switching, Jaringan Akses, dan Teknologi Informatika) dan setiap jurusan pasti mempelajari materi yang berbeda *khusus pelajaran teori kompetensinya*. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelajaran Transmisi sangat identik dengan hitung-menghitung, hehe *yaiyalah sih ya*. Soal essay nomor 2 sampe nomor 4 aja soal hitungan lhoooo, terus beberapa soal PG juga ada hitungannya. Alhamdulillah bisa ngerjain. Well, meskipun karena udah dikasih kisi-kisi sih...
Anyway, meskipun tiap jurusan beda pelajarannya, pada akhirnya materi antar jurusan tuh saling mendukung dan melengkapi untuk terciptanya proses komunikasi (terutama komunikasi jarak jauh a.k.a telekomunikasi)  :)

0 comments:

Post a Comment