Wisata Dunia Maya

Saturday, December 25, 2010


Jumat (malem) kemaren pas pulang les bahasa Inggris kan gw nyempetin untuk online sebentar sebelum tidur, niatnya cuma pengen buka email. Jadilah akhirnya gw mulai “berselancar” di dunia maya sekitar lewat dari jam 10 malem, udah hampir setengah sebelas. Abis buka email, rasanya gw nggak mau offline. Dunia maya saat itu rasanya begitu menggoda gw untuk menjelajahinya, padahal yang lagi gw buka tuh cuma Yahoo sama Gmail :). Dan seolah bertindak sebagai supporter, mata dan badan gw pun seakan menolak untuk dibawa ke “pulau kapuk”, padahal tadi gw udah ngantuk banget di tempat les dan hari itu gw abis silaturahim ke rumah Bu Renny yang diibaratkan “mendaki gunung-melewati lembah” :p Koneksi internet dari modem gw juga *sebetulnya* lemot. Tapi entah kenapa, mungkin karena hasrat untuk online yang begitu kuat, gw pun memilih untuk terus browsing. Hmmm.

Gw berfikir sejenak... mau buka situs apa nih? Tiba-tiba muncul di kepala gw untuk “menjenguk” blog yang terakhir kali gw isi sebulan yang lalu *inget deh waktu itu gw blogging di warnet sambil ngerjain ulangan online dari Pak Awi, hehe :p. Gw cuma visit sebagai pengunjung, bukan sebagai empunya blog. Hmm, banyak yang pengen gw percantik nih dari blog gw. Mau ganti layout, nambah shoutbox, sama visitor counter J. Trus mikir lagi... akhirnya gw pun buka & baca blog beberapa kakak kelas gw. Mostly sih nyeritain kuliahnya *referensi :p*, tapi banyak juga postingan lain yang gw baca. Udah bosen baca blog sedangkan hasrat online masih tak teredam *halah*, gw pun buka google, tapi nggak tau mau search apaan --“.

Akhirnya, entah ada ide dari mana, gw teringat akan Friendster (FS). Apa kabarnya yaa FS gw itu? Hahaha :p. Gw udah lama nggak main friendster. Terakhir kali sih seinget gw pas masih semester pertama di kelas X, itu juga masih tahun 2008 :p. Begitu masuk semester dua, gw justru sama sekali “nggak main” dengan social networking manapun *sibuk belajar dan berorganisasi di sekolah J. Tapi akhirnya pada tanggal 11 April 2009 bertambahlah satu member Facebook (FB). Yup, that’s me! :D

Kembali ke FB, eh, FS.
Begitu mau login di homepage FS, gw terdiam. Gw punya dua akun FS *wew* dan lupa apa email yang gw pake buat FS dulu! Hahaha :p. Udah malah email yang gw pake buat FB kan beda sama yang gw pake buat FS, otomatis jadi lupa sama emailnya karena semenjak main FB gw selalu buka email yang buat alamat FB, nggak yang dari FS :p. Setelah mengingat-ingat lumayan keras, akhirnya gw ketik aja tuh email yang gw inget ala kadarnya. Ya, seinget gw sih itu. Pas mau ngetik password juga gw sejenak “menerawang” ke masa lalu. Password gw tuh apa ya??? Hmmm. Akhirnya gw ketik sebuah kata yang 80% meyakinkan gw bahwa itulah passwordnya, haha. Dan ternyata benar! Yeeeaay, finally!! :D

Eh... tunggu... kok nggak bisa langsung ke home FS? Oh, ternyata gw disuruh verifikasi alamat email! Ya ampun, gw inget banget tuh dulu page buat verifikasi selalu gw skip, haha :p. Dan ternyataaaaaa, katanya batas akhir verifikasi tuh tanggal 24 September 2009 *it’s over a year ago!. Karena deadlinenya udah lewat, opsinya adalah gw disuruh ganti email. Yaudah langsung aja gw ketik alamat email yang sekarang gw pake. Beberapa menit kemudian, FS gw pun berhasil dibuka! Well, cukup “melelahkan” juga ya hanya untuk membuka sebuah account masa lalu :p

Mau tau apa reaksi gw saat “kembali” ke FS? Kaget.
Ternyata FS udah banyak berubah. Logonya kan dulu cuma smiley kaya icon YM gitu, tapi warna putih. Kalo sekarang logonya warna hijau, trus ada tulisan friendster gitu, udah gitu warnanya pun jadi hijau. Tampilan home sama profilnya juga udah beda. Wah, gw sempet bingung lho mau ngapain di FS, haha :p.

Akhirnya, gw langsung terfikir untuk delete album foto. Toh, foto-foto di FS mah foto pas gw masih jaman SMP, belum berkerudung :p. Tanpa membuka isi albumnya, langsung aja tuh gw delete album “private” (cuma gw yang bisa buka) sama “one for all”. Voila... FS gw pun kini tanpa ada satu foto pun! After that... gw baru nyadar kalo di home tuh ada update status shoutout dari Odeng, beberapa menit yang lalu. Haha. Mungkin biar nggak dicomment atau diledekin sama anak-anak Transmisi yang udah pada nggak main FS, makanya dia nggak update di FB! :p. Gw buka profilnya dan iseng post comment (testimonial) yang intinya sih ngeledekin dia karena tumben main FS *haha gw jugaaaa* dan tentang “About Me” di profil dia. Bener nih ternyata, kata Yana “ndut”, FS tuh ngajarin kita untuk jadi seorang 4L4Y!! Hadeeeeeh -______-
*ah tapi FS gw nggak kaya gitu koook :)

Next, gw buka friend request. Wah ternyata ada request dari beberapa anak telkom dan beberapa orang tak dikenal *maklum ya dulu di FS kan hobi banget nge-add siapa aja*. Haha. Kayanya ini temen-temen gw ngirim request sejak masih kelas X, tapi baru tahun ini gw confirm approve. :p

Selanjutnyaaaa, berhubung alamat email FS udah gw ganti jadi email gw yang sekarang, berarti FS bakal rajin ngirim notification ke email gw. Akhirnya gw setting tuh biar FS sama sekali nggak ngirim apapun ke email gw, haha :p *pengganggu. Eh, tapi yang masih gw checklist “Yes” tadi cuma pas bagian Birthday Reminder aja, jadinya FS ngirim reminder ke gw setiap ada temen yang ulang tahun.

Well, sekian lah “FS Exploring” bersama saya! Semoga bermanfaat, sekecil apapun manfaat itu! :D

FYI : My Facebook account has been deactivated since Dec 3rd 2010. I still don’t find any reason to reactivate it back. :p

0 comments:

Post a Comment