start writing

Sunday, October 10, 2010

halooo :)
lama saya tak muncul ke permukaan blogspot ini, haha *sungguh lebay*....
kali ini lagi pengen ngepost tentang bakat yang tak dikembangkan *cailah*.

begini ceritanya.

sebetulnya saya 85% sadar bahwa Allah memberikan saya sebuah talenta di bidang menulis, hanya saja mungkin saya kurang mengembangkannya. kenapa pilih persentase 85%? ya karena pengen aja sih, hehe :p
85 kan dua angka belakang nomor hp gw *penting yaaa?*.
back to topic.
gw inget. dulu waktu masih SD sekitar kelas 4 atau 5 gitu, gw suka menulis. apapun. cerita, puisi, pendapat/opini, atupun diary (ini nih yang paling sering :p). begitu pulang sekolah siang-siang gw suka menyendiri di kamar, mengambil buku tulis, dan segera menuangkan pikiran gw.
berbagai cerita "klasik" ala anak SD pun pernah gw buat, dari yang ceritanya simple, beranjak remaja, masalah cinta cintaan, dll. padahal dulu saya belum tahu apakah cinta itu *emang sekarang udah tau?* dan fikiran saya belum terlalu "diracuni" oleh masalah percintaan *emang sekarang lagi diracuni ya?*.
maklum ya jaman SD kan aku masih polos,. suka "jijik" deh kalo baca tulisan di masa lalu, hahaha :p
kayanya seisi rumah nggak ada yang tau kalo tiap gw menyendiri di kamar tuh berarti gw lagi mengembangkan bakat gw itu. nyokap gw juga paling taunya gw lagi tidur atau ngerjain tugas di kamar, lagian nyokap gw kan kamarnya di lantai bawah, sedangkan kamar gw di lantai atas. kakak gw pun nggak terlalu peduli thdp apa yang lagi gw kerjakan, dia mah kalo lagi baca buku suka nggak ngeh ama lingkungan sekitar. ade gw apa lagi, dia mah belom ngerti kalo gw lagi berkhayal sambil menuliskan isi khayalan. bokap gw mah jangan ditanya, beliau kan kerja.
dulu rasanya malu deh untuk memublikasikan hasil karya gw.

dari berbagai karya yang gw buat, kayanya nggak banyak deh yang gw publish. oh iya, pernah ada!
dulu kan gw masih langganan koran Kompas tiap hari minggu, nah di koran itu kan ada rubrik Kompas Anak. isinya ya seputar dunia kita anak SD, hasil karya anak SD yg dikirim ke redaksi (cerita, resep, gambar, dll), ataupun resensi buku yang sesuai dengan usia kita. nah, gw pernah ngirim resep minuman hasil berkhayal,  yaitu "Lemon Tea Ceria". ini sih sebetulnya teh manis yang dikasih sedikit taste air jeruk lemon, trus ditambahin meses dan agar-agar. pokoknya pas nulis ini resep tuh gw sama sekali belom pernah bikin! :p
Alhamdulillah, resep gw pun dimuat oleh Kompas edisi tersebut. gw lupa itu terbit pas edisi yang kapan, sekarang pun korannya udah gak ada. nyesel deh, padahal waktu itu korannya gw simpen... :(
walhasil, gw kasih liat ke nyokap gw kalo resep gw dimuat di koran tersebut. nyokap gw pun kayanya sedikit kaget, ternyata diam-diam anaknya bisa bikin resep! hahahaha :p
seinget gw, mulai saat itulah bokap-nyokap dan segenap keluarga besar (waktu itu gw sampe ngasih tau berita ini ke sodara-sodara gw yang di Penggilingan, Jakarta Timur) amat mendukung gw untuk terus menulis. ya, di situlah saya merasa bahwa menulis memang bakat yang Allah berikan untuk saya :)

oh iya, ada berita bagusnya lagi nih. Kompas Anak memberikan honor berupa sejumlah uang atas resep asal-asalan karya gw itu. dikirim via pos, trus weselnya dicairin deh ama gw plus nyokap di Kantor Pos Regensi *yaiyalah... masa di KUA?!* :p
Alhamdulillah... lumayan banget buat seorang anak SD yang belum berpenghasilan. trus uangnya gw masukin ke tabungan gw yang di bank deh. :D

beralih ke cerpen. gw juga suka nulis cerita, tapi nggak pernah sampe selesai gitu. kadang juga ceritanya terlalu simpel dan pendek, jadi mungkin kurang seru kalo dibaca :p
cerpen gw belom ada yang gw publish ke manapun. pokoknya coret-coretan hasil karya gw tuh cuma ada di buku tulis yang sampai sekarang lembar demi lembarnya belom pernah gw buka lagi....
waktu itu nyokap gw bilang, "menulis itu jangan karena orientasi kita pada materi yang kita dapat dari apa yang kita tulis". gw ngerti kok. maksud nyokap gw tuh supaya gw jangan menulis hanya karena mengharapkan honornya. maklum lah, dulu kan gw berfikir kalo setiap tulisan gw dimuat maka gw akan mendapat honor, berarti gw harus banyak nulis biar dapet banyak honor :p
menulis itu untuk mengembangkan/menumbuhkan bakat, menekuni hobi, berbagi informasi dan ilmu, juga yang saat ini mulai gw sadari yaitu menulis bisa dijadikan sebagai sarana dakwah. betapa beruntungnya kita masih ada orang-orang yang rajin dan mau menuliskan ilmu yang mereka punya melalui buku ataupun tulisan-tulisan ringan seperti artikel atau blog. bayangin aja kalo nggak ada yang mau nulis, pasti nggak bakal ada buku pelajaran. hahaha :p iya kaaan?

the problem is... gw baru nyadar kalo selama ini gw begitu bodoh karena kurang mengembangakn bakat menulis itu...
begitu masuk SMP pun gw udah jarang banget siang-siang menulis di kamar. palingan gw jadi lebih sering nulis diary tiap malem sebelum tidur. maklum, waktu itu kayanya nggak afdhol aja kalo nggak cerita tentang gebetan ama diary, hahahaha :p
pernah juga terlintas di fikiran gw, "kenapa sih bakat gw itu menulis???".
gw gak tau apa jawabannya. lagian, apa yang perlu dijawab???
toh orang lain pun dengan enjoy mengembangkan bakat yang mereka jadikan sebagai hobi, dan akhirnya meraih kesuksesan pada bakatnya tersebut.

jujur, gw menyesal kenapa dulu begitu enggan untuk menulis ataupun memublikasikan karya-karya gw meskipun nggak terlalu bagus. waktu itu guru gw pernah bilang, "bakat yang nggak dikembangin tuh ibarat biji yang nggak ditanam". bener banget tuh! seandainya gw mengoptimalkan bakat itu, mungkin sekarang gw udah menghasilkan beberapa cerpen, novel, ataupun karya lain yang lebih hebat :)
Astaghfirullah. tak seharusnya aku berandai-andai.

menyesali yang udah terjadi emang nggak bakal berguna kalo nggak ngambil hikmahnya. so, gw pun bangkit atas adanya panggilan dari dalam diri dan seolah ada yang mebisikkan "you'd better start writing!".
gw gak mau lagi untuk kedua kalinya mengabaikan pertanda yang Allah berikan bahwasanya mungkin bakat gw adalah di bidang menulis. saat ini begitu menggebu....
salah satu cara yang gw tempuh adalah have a blog account. gw tahu persis, semua post yang gw bikin dalam blog ini masih jauuuuuh banget dari kata "lumayan", apalagi bagus. maklum, gw masih pemula.
gw belajar untuk nggak menjadikan kata "sibuk" sebagai alasan bahwa gw gak bisa menulis. mungkin memang banyaknya kegiatan dan sering pulang malam membuat saya jarang bisa ngepost di blog. tapi insya Allah gw akan selalu menulis meskipun dengan intensitas yang jarang :)
insya Allah. pray for me!

ya Allah, maafkan aku karena menyia-nyiakan talenta yang Kau berikan
bantu aku untuk mengembangkannya, meskipun baru mulai saat ini....

love,
-ASK-

0 comments:

Post a Comment