UAN and The Story (part 1)

Friday, April 22, 2011


Alhamdulillah...
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan gw dan teman-teman lainnya kemudahan menghadapi UAN, mulai dari persiapan, maupun saat pengerjaan. Semoga hasilnya bagus dan kami, siswa/i SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta angkatan 17, lulus 100%, amiiiin :)

Finally, UAN tingkat SMA sederajat yang berlangsung dari tanggal 18--20 April 2011 udah gw lewati. Ada sedikit kelegaan dalam hati mengingat salah satu “beban” sebagai murid kelas XII udah tuntas, tapi di sisi lain masih ada rasa cemas karena pengumuman kelulusan masih satu bulan lagi (16 Mei 2011). Selama masa penantian itu, gw cuma bisa berdoa dan menunggu. Allah pasti nggak menyia-nyiakan usaha hamba-Nya. Allah pasti ngasih yang terbaik. Allah pasti punya cara-Nya sendiri untuk menolong kami.

Oh iya mau cerita nih. Kegiatan PM (Pendalaman Materi, buat UAN) di sekolah gw kan baru dimulai tiga minggu menjelang UAN. Itu juga cuma ada jeda dua hari dari kita selesai UAS *yaaaah daripada nggak ada jeda, hehe*. Kita diajar sama guru-guru telkom, tapi ada juga beberapa guru dari luar. Yaa maklum lah karena jumlah guru yang ada kan nggak berbanding lurus dengan jumlah kelas yang harus diajar, hehe. Selama masa PM yang CUMA tiga minggu itu, entah kenapa ya, banyak temen-temen seangkatan gw yang males masuk. Ada yang bilang karena gurunya nggak enak, PM terasa ngebosenin, ngebahas soalnya bertele-tele, dll. Ada juga yang masuk tapi mungkin karena terkesan “terpaksa” jadinya mereka dateng jam 8 atau 9. Well, niat nggak niat gitu sih. Hmmm.

Kalo diri gw sendiri, sama seperti temen-temen yang lain, gw juga sempet jenuh sama yang namanya PM. Gw pernah suatu hari BERNIAT untuk nggak masuk PM tapi gw bakal pergi ke NF buat konsultasi pelajaran (anggep sebagai pengganti PM di sekolah). Malam sebelumnya (gw inget waktu itu hari Kamis tanggal 7 April 2011) gw udah MEMANTAPKAN NIAT dan sampe bilang ke ortu dan temen kalo besok gw nggak mau masuk sekolah. Tapi, apa yang kemudian terjadi? Jumat subuh setelah berdoa abis shalat, gw ngerasa gimanaaaa gitu kalo bener-bener mau merealisasikan niat gw yang tadi malem. Emang sih waktu itu gw berfikir nggak papa lah cuma sehari gw nggak ikut PM, toh gw bisa latihan soal di rumah dan besoknya ngebahas bareng temen-temen. Namun ada satu hal yang nggak bisa dibohongi, yaitu HATI KECIL. Hati kecil, yang meskipun kecil tapi selalu berpihak pada yang benar, menolak untuk diajak bolos. Rasanya gw nggak mau melewatkan satu hari pun tanpa PM ataupun tanpa kebersamaan dengan temen-temen, apalagi udah di akhir masa sekolah kaya gini. Mungkin kalo gw nggak PM dan stay di rumah, gw pun malah jadi nggak belajar dan justru menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Akhirnya gw memutuskan untuk MASUK sekolah :D
Alhamdulillah... Gw bersyukur saat itu Allah masih “meluruskan” hati dan niat gw. Gw berharap semoga senantiasa seperti ini, amiiin. Allah Maha Membolak-balik keadaan, termasuk hati manusia. :)

Saran gw, buat adek-adek yang lagi ngejalanin PM ataupun tahun depan bakal PM, nikmati aja deh masa-masa PM! Jangan sengaja nggak masuk, kecuali karena sakit ataupun karena hal mendesak lainnya. Percaya atau enggak, kehadiran kita dalam PM merefleksikan kesungguhan dan kemauan kita untuk lulus UAN. Kalo PM aja disepelekan, berarti kita juga udah nyepelein UAN. Bayangkan perasaan pihak sekolah, terutama guru-guru yang ngajar PM, kalo usaha mereka untuk menolong kita justru nggak kita manfaatkan dengan baik. Huah! :’(

To be continued....
Also read “part 2” yaaaaa :)

0 comments:

Post a Comment