Day 28 #30haribelajarkeuangan

Monday, April 20, 2020



Repost tulisan lama tentang kebanggaan terhadap Pemerintah. Oh iya, waktu itu tulisan ini dibuat supaya terpilih jadi peserta Jouska Talk kerjasama Jouska dengan IMF. Special event. Alhamdulillah ku terpilih, hehe.

*****

Salah satu yang membuat saya bangga jadi warga Indonesia adalah... keseriusan pemerintah dalam mengembangkan perekonomian syariah, termasuk di bidang pasar modal syariah. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, tentu negara wajib mengatur dan memfasilitasi agar pilihan instrumen investasi yang beredar di kalangan masyarakat sesuai dengan syariat Islam. Sinergi regulator (BI, OJK, BEI) dan para stakeholder menghasilkan berbagai regulasi, kegiatan, sosialisasi, dan edukasi.

Untuk regulasi, contohnya penentuan kriteria perusahaan tercatat yang bisa masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) OJK dan pengaturan produk reksadana syariah. Per April 2018 ada 193 produk reksadana syariah dari total 1969 produk reksadana (sumber : CNN).

Untuk event dan sosialisasi, rasanya sudah cukup banyak talkshow, konten internet ( @idxislamic ) bahkan kompetisi yang bertujuan mengenalkan pasar modal syariah kepada masyarakat. Masih bisa terus ditingkatkan dan dikembangkan penyelenggaraannya.

Untuk edukasi, ada Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) setiap pekan untuk umum di berbagai kantor cabang BEI dan kampus se-Indonesia. Ada juga program sertifikasi Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) bagi yang ingin fokus menapaki karir profesional di pasar modal.

Jumlah investor pasar modal per Juli 2018 juga sudah mencapai 1.4 juta orang, di mana pada Nov 2015 masih di angka 426.210 (sumber : Kompas.com)

Programnya sudah ada, produk investasi syariahnya juga sudah banyak, tinggal kita-nya aja yang bergerak :))

Please count me in to JTalk ya MinJouuu ;)

#IndonesiaBangga #JTalkvsAMIMFWBGJKT #investasisyariah #sahamsyariah

*****

#sekarkasih #sekarbuncek #catatankuliahsekar #tantangan30hari #kelaskepompong #bundacekatan #institutibuprofesional #30haribelajarkeuangan #cerdaskeuangan #cerdasfinansial #financialliteracy #investasi #ekonomi #manajemen #belajarekonomi #belajarmanajemen #manajemenkeuangan 

0 comments:

Post a Comment