Day 30 #30haribelajarkeuangan

Wednesday, April 22, 2020

Repost catatan lama (2 April 2018) tentang mencatat cashflow.




Ribet, tapi Terukur!

"If you can't measure it, you can't manage it"
Peter Drucker


Bagi saya, momen "kebangkitan" saya adalah ketika materi kedua, yaitu tentang menjadi ibu profesional kebanggaan keluarga. Berawal dari NHW 2 (Nice Homework) berupa pembuatan list indikator profesionalisme peran sebagai istri, ibu dan individu, saya pun menjadi cukup rajin mengevaluasi diri.


Setelah saya buat listnya di Excel Google Sheet, setiap hari saya memantau kinerja pribadi (ibadah, aktivitas, rencana) dan program rumah tangga untuk kemudian mengisi checklist realisasinya di lembar excel tersebut. Saya pun tergerak membuat tabel cashflow pemasukan & pengeluaran harian pribadi dan keluarga. Setiap hari saya catat serinci mungkin, hingga ke pengeluaran yang hanya sebesar 500 rupiah untuk pembayaran tambahan ojek online.

Bagi beberapa orang, mungkin yang saya lakukan ini ribet-riweuh-rempong banget. Ngapain sih sebegitu rincinya mengevaluasi kerja pribadi dan mencatat cashflow keluarga? Toh nggak ada pihak yang meminta pertanggungjawaban.

Iya sih, suami memang nggak mengharuskan saya membuat laporan keuangan keluarga ataupun evaluasi kinerja pribadi dan rumah tangga. Tapi dari lembar excel tersebut saya justru mengetahui hal-hal apa yang sudah terealisasi dan masih kurang dari target  target. Untuk laporan keuangan, saya dan suami jadi tahu pengeluaran untuk kategori mana yang sudah sesuai anggaran atau yang harus ditekan. Angka menunjukkan bahwa biaya makan di luar selama 4x di bulan Februari kemarin ternyata lebih besar daripada total biaya makan selama satu bulan!!! Nah kan, jadi ketahuan. Ribet, tapi terukur! :)


#sekarkasih #sekarbuncek #catatankuliahsekar #tantangan30hari #kelaskepompong #bundacekatan #institutibuprofesional #30haribelajarkeuangan #cerdaskeuangan #cerdasfinansial #financialliteracy #investasi #ekonomi #manajemen #belajarekonomi #belajarmanajemen #manajemenkeuangan

0 comments:

Post a Comment