After the "show time"

Thursday, November 4, 2010

Alhamdulillah....
Gw baruuuu aja selesai presentasi laporan :)
Ini juga "live blogging" dalam ruangan presentasi, kita kan harus masuk ruangan bersama-sama dan keluar pun bersama-sama! :p
Lega banget rasanya! Nggak sia-sia deh semua perjuangan gw selama tiga bulan prakerin. Hmm, jadi kembali teringat masa-masa "galau" dalam proses pembuatan laporan, hahaha :D
Ada masa-masanya dulu gw ngerasa hopeless, ngerasa capek banget pas bikin laporan, berebut laptop sama adik/kakak sampe gw harus rela bangun tengah malem biar bisa konsentrasi berkutat dengan laporan di antara anggota keluarga yang lagi pada nyenyak tidur, konsultasi laporan ke rumah Pak Rawan *karyawan Telkom yang jadi pembimbing gw dalam pembuatan laporan* di Ciputat dan dateng ke kantornya di Arnet Kota, belum lagi konsultasi rutin sama Pak Sukhendro setiap hari kamis di sekolah, and so on.... Ditambah "gejolak jiwa" dan emosi selama ngerjain laporan!
Tapi sekarang justru gw bersyukur banget pernah ngalamin masa-masa sulit *bisa dibilang sih* kaya gitu, masa-masa dimana justru gw semakin merasa "kecil" dan nggak ada apa-apanya tanpa bantuan Allah SWT. Allah is The Best deh... Allah is The One :)
I'll always love You.
*masa-masa sulit akan terasa manis untuk dikenang saat kita sudah berhasil melewatinya

Heeeu, tadi gw maju urutan ke-5 (after Rachmah, Ajeng, Aldy, Heru, and then Me). Tadi kan mulai presentasinya tuh jam 8, padahal kita udah stand by dalam ruangan dari jam 7, wakakaka :p
Sekitar jam 7.30 pas kita udah dalam ruangan dan dengan suasana yang tegang, Pak Bugel *penguji laporan di ruangan gw* nanya : "Kemana nih Pak Awi? Ada yang punya nomer hpnya gak?". Gw jawab "punya" dan Pak Bugel nyuruh gw nelpon Pak Awi. Pas gw telpon, ternyata Pak Awi masih di daerah Pancoran dan sekitar 30 menit lagi baru bisa sampai di sekolah. Tadi tuh ban belakang motor Pak Awi bocor, makanya mesti ditambal dulu -_______- Pas gw cerita ke Pak Bugel, akhirnya kita-kita *calon peserta presentasi laporan* dikasih waktu untuk belajar sampai Pak Awi datang ke ruangan. Alhamdulillah :)
Jam 8 Pak Awi udah sampe di sekolah dan presentasi segera dimulai. Jeng jeng....
Yang maju pertama itu Rachmah, temen gw yang prakerin di Arnet Semanggi. Dia bikin laporan tentang konfigurasi DWDM (Dense Wavelength Division Multiplex). Awalnya sih kita semua *mungkin* ngerasa tegang banget karena dapet penguji yang diberi klasifikasi tingkat Hard *padahal mah kita juga yang bikin klasifikasi, hahaha*. Tapi lama-lama jadi enjoy kok. Percaya deh :)
Wah ternyata satu orang yang presentasi aja bisa menghabiskan waktu 30 menit *termasuk tanya jawab dari penguji*. Lumayan lama juga tuh, bikin ngantuk! Jam 9 aja rasanya mata gw udah "kriyep-kriyep" *_*
Abis Rachmah, Ajeng lah yang namanya dipanggil untuk maju. And then Aldy... And then Heru... And then ME!!! Pas gw ngeliat jam, ternyata itu jam 9:55. Tepat banget kan perkiraan gw! Empat orang udah menghabiskan waktu 2 jam, berarti masing-masing jatah waktunya 30 menit. Hmmm.

Alhamdulillah, it's show time!!
Dengan penuh percaya diri *halaaaah* gw maju ke depan ruangan dan mulai menjabarkan tentang isi laporan gw. Oh iya, laporan prakerin gw berjudul "Integrasi Trunk Identification (TID) Ruas Slipi-Semanggi II". Selesai memperkenalkan diri di depan penguji *tak lupa selalu memasang senyum manis, huekkk :p*, gw masuk ke slide presentasi yang ke-2. Slide-slide ini udah gw hyperlink, jadi tinggal klik-klik aja di icon yang udah gw tandain. Eh pas udah sampe sekitar slide ke-4, tring tring... I had the trouble! Tiba-tiba hyperlinknya nggak berfungsi!! Haduh, gw udah panik banget tuh! Sambil berusaha "stay cool", akhirnya gw buka aja slidenya di file, bukan di slide show. Hmm, mudah-mudahan pengujinya nggak "ngeh" ya kalo sebetulnya hyperlink gw error -________-
Selesai ngoceh panjang lebar *I think I spoke too fast and too much*, gw bilang "Selebihnya saya serahkan kepada tim penguji". Mulai deh Pak Awi nanya-nanya tentang laporan gw. Awalnya nanya parameter yang diukur saat monitoring hasil integrasi, nanya tentang BER Test (akhirnya gw harus menghitung dan menjelaskan di papan tulis. Just like a teacher who's teaching Math :D), dan nanya tentang hal lainnya. Tapi entah kenapa, gw merasa pertanyaan-pertanyaan yang beliau berikan tuh justru membuat gw merasa enjoy dan tambah pede menjalankan presentasi. Padahal kalo gw hitung-hitung, tadi ada kali beliau ngasih sekitar 10 pertanyaan beruntun -___- *lebai
Lanjut lagi, sekarang giliran Pak Bugel yang ngasih pertanyaan. Gw nggak terlalu inget ada berapa pertanyaan *lumayan banyak juga sih, biasa lah pertanyaan "merambat"*. Tapi justru gw dapet ilmu baru dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anyway, thanks for Pak Awi and Pak Bugel! You make this moment so colorful :p
Kesimpulan yang gw ambil : jawaban yang "kurang pintar" justru akan kembali menimbulkan beberapa pertanyaan dari penguji.

Begitu gw dipersilakan menutup presentasi, rasanya legaaaaa banget. Pas ngeliat jam, ternyata jam menunjukkan pukul 10:28. Waw, ternyata gw juga menghabiskan 30 menit ya, hahaha :D. Gw langsung duduk di kursi sebelah Ajeng. Ajeng pun langsung bilang, "Lega kan, Kar?". Gw cuma senyum. Nggak bisa langsung diungkapkan dengan kata-kata! :)
Yang pertama terlintas di fikiran gw *setelah bersyukur kepada Allah SWT, tentunya* adalah nyalain HP. Kedua HP gw tuh sengaja gw nonaktifkan semenjak masuk ruangan *tadi dinyalain sebentar pas disuruh nelpon Pak Awi, trus gw matiin lagi*. Pas gw nyalain yang Sony Ericsson, eh ternyata ada beberapa message baru yang langsung masuk. Ada message dari beberapa temen yang ngucapin "good luck" dan ngasih semangat *maaf ya baru dibaca. Anyway, thanks! :)*, ada juga balasan dari Pak Rawan *tadi pagi gw sms beliau meminta doa dan dukungan :p*. Langsung deh gw nyalain HP yang Flexi buat nelpon Pak Rawan dan cerita tentang moment presentasi yang baru aja gw lewatin. Gw sama Pak Rawan emang udah kaya sahabat deh, hahaha :D
Selesai nelpon, gw mulai bales-bales sms yang tadi masuk. Gw juga sekalian ngirim sms ke mama-ayah dan ngasih tahu kalo gw berhasil melewati presentasi dengan santai dan lancar *tapi belum tau hasilnya, huhuhu*. Nyokap gw pun meng-Aminkan doa gw supaya hasil presentasinya bagus, Amiiin....
*Hey mom-dad, I'll always do and give you my best :)

Apa yang dilakukan setelah itu? Yeah, it's blogging time! :D
Dari tadi beberapa temen gw udah silih berganti maju presentasi, tapi gw belom selesai blogging juga, haha *betah mode ON
Gw juga sambil mendengarkan mereka presentasi kok :)
Sekarang lagi Cut nih yang presentasi di depan *SEMANGAT YA CUT!!! GW TERIAK VIA BLOG NIH*. Semoga kita semua diberi kemudahan oleh Allah dalam segala urusan, Amiiin....

To be honest, gw merasa ada yang hilang setelah moment presentasi ini... :'( Mungkin rasa harap-harap cemas menunggu pengumuman jadwal presentasi, perasaan hopeless pas masih proses pembuatan laporan ataupun slide, dan sejuta "kegalauan" lainnya. Those moments are really UNFORGETTABLE!!!
Minggu depan udah mulai KBM efektif di sekolah, mengejar materi-materi pelajaran untuk bisa menghadapi TKMS. Mungkin gw akan jarang ngepost di blog, tapi insya Allah gw akan terus menulis :)

Capek juga ya dari tadi ngetik terus. Batere laptop gw udah kritis nih, perut gw pun sudah mulai "request" untuk diisi :p

Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak *tak bisa disebutkan satu per satu* yang telah membantu selama proses pembuatan laporan dan slide presentasi, sekecil apapun bantuan itu! Semoga Allah Membalas dengan yang lebih baik, Amiin.... :)

See you next time!
A lotta love,
-ASK-

0 comments:

Post a Comment