Qualification Test(s)

Sunday, November 21, 2010

Nggak terasa, besok siswa/i di sekolah gw bakal ngadepin yang namanya TKMS (Tes Kendali Mutu Sekolah) dan Uji Kualifikasi semester ganjil (bagi gw, ini semester lima). Masih segar dalam ingatan gw gimana rasanya pertama kali ngadepin TKMS dan UK level 1 waktu masih jadi anak kelas X. Hmmm, waktu terasa begitu cepat berlalu ya....

Seiring berjalannya waktu, gw jadi makin suka sama ilmu telekomunikasi. Awalnya suka karena pelajaran transmisi (jurusan gw) tentang propagasi gelombang radio, eh lama-lama jadi suka beneran sama semuanya, hehehe :p

Oh iya, tiba-tiba gw jadi inget UK gw selama 4 semester ini nih. Check these out! :D

Level 1
Ini UK pertama bagi seluruh anak kelas X di sekolah gw. Malahan gw dapet urutan di hari pertama, persis pas hari terakhir ujian teori (berhubung waktu itu hari Jumat, jadi sempet ada jeda untuk shalat Jumat). Gw dan temen-temen yang dapet jadwal hari pertama bener-bener nervous *secara gitu kita nggak tau mau nanya-nanya ke siapa*. UK level kita disuruh merakit antenna Yagi, mulai dari menghitung masing-masing panjang gelombang frekuensi, panjang tiap elemen antena (reflektor, radiator, dan 3 direktor), gergaji, sampe akhirnya masang antena di tiang dan ngitung SWR (Standing Wave Ratio). Kurang seru nih, soalnya kita ujiannya di lab. Coba kalo masangnya di genteng gitu, pasti makin seru, hehe *nantangin :p

Level 2
I really love this part! Dari seluruh UK yang pernah gw lalui *halah*, gw paling terkenang sama UK level 2 ini. Tahu kenapa? Gw masang penangkal petir di tower sekolah yang tingginya 12 meter *actually, it's not high enough*. Emang CUMA 12 METER sih, tapi tetep aja gw suka sama experiencenya, hahaha :p
*kapan lagi cewek boleh manjat tower selain pas ujian?
Ternyata naik tower itu asik lhooo. Bisa ngerasain angin sepoi-sepoi *apalagi pas udah nyampe di atas* yang terasa lebih "melenakan" ketimbang angin kalo kita lagi di darat *lebai!*. Trus pas di atas tuh gw saranin untuk buka mata selebar-lebarnya karena kita bisa melihat sekeliling kita dengan radius yang lumayan jauh dan tinggi. Pssst, sayangnya, pemandangan dari atas tower sekolah gw tuh cuma parkiran sekolah, kantin, mushala, lab komputer, dan... kuburan di daerah kos-kosan samping sekolah! Hahahaha :p
Tapi naik tower tuh wajib dicoba kok! :D *especially buat adik-adik kelas gw jurusan Transmisi

Level 3
Ini UK pas gw duduk di kelas XI. Hmm, rasanya lebih "mantap" deh karena dapet penguji yang sukses bikin gw nervous (Baca : kalo nervous tuh gw jadi bolak-balik ke toilet, pengen pipis terus :p). Malahan waktu itu kelas XII lagi pada ujian teori, gw jadi terpaksa beberapa kali mondar-mandir ngelewatin mereka lagi pada belajar, ngadeprok di depan ruangan *aduh maaf yaaa :p. Hmmm, jadi kangen nih sama para kakak kelas gw itu :)
Oh iya, level ini tuh UKnya pengukuran PFU dan menggunakan osciloscope. Gw lupa judul tepatnya apa, haha :p

Level 4
Nah, ini nih yang paling "terkesan biasa". Entah kenapa, gw ngerasa "selau" banget pas UK semester ini. Mungkin karena gw dapet giliran hari terakhir dan "bocoran" udah beredar kali ya, haha :p
Level ini tuh kita disuruh nyambung kabel fiber optik pake Fusion Splicer (harganya 135 juta loh :p) dan tata peletakkan FO pada casette supaya lossnya nggak tinggi. Hmmm. Berhubung yang jadi penguji adalah Ketua Jurusan Transmisi, Bpk. Sukhendro Pragulo, jadilah gw ujian sambil dibantu beliau, haha :p
Beliau baik yaa :)

Next : Level 5
I'm gonna make it tomorrow! Wish me luck!
Oh iya, besok tuh UKnya penggunaan Spectrum Analyzer, sama kaya kakak kelas gw tahun kemarin.

Bye! See you next time :D

0 comments:

Post a Comment